counter

Wikipedia

Search results

Thursday 27 March 2014

Mencegah Kebotakan Sejak Dini

Apa kabar sobat?
Bicara soal rambut pasti semua tau apa itu kebotakan. Yah proses berkurangnya rambut secara berkala yang membuat seseorang menjadi botak atau tidak memiliki rambut.

Yuk simak penjelasannya!!!!



Penelitian membuktikan bahwa 95% kebotakan terjadi karena faktor genetik. Namun, kebotakan dapat melewati satu generasi dan memilih secara acak keturunan yang akan mengalami kebotakan. Penyusutan garis rambut pada pria dan penyempitan folikel atau kantung akar rambut adalah hasil dari perubahan hormon yang disebabkan oleh enzim dalam dermal papila yang disebut dengan alpha reductase. Enzim ini mengubah hormon testosteron menjadi dihydrotestosteron (DHT). Folikel memiliki penerima androgen yang mengikat DHT. Dalam jangka waktu lama, kelebihan DHT dapat menurunkan tahap rambut yang aktif. Hal lainnya karena anemia, tiroid yang kurang aktif, infeksi jamur di kulit kepala, penggunaan obat tertentu, zat kimia, faktor usia, dan stres.

Dapat Dihentikan 

Bila rontok karena anemia, banyak mengonsumsi zat besi serta perawatan herbal yang mengandung seng magnesium dan vitamin E. Pengobatan secara rutin dengan Minoxidil atau Regaine, juga dapat mencegah dan memperlambat kebotakan. Finasteride atau Propecia menjadi pilihan obat yang dapat mencegah aksi hormon pria untuk memicu produksi DHT. Hati-hati dengan obat ini, efek sampingnya menyebabkan impotensi dan ejakulasi abnormal bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Terapi Revivogen atau terapi perawatan kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat dan memerangi penyebab kerontokan rambut. Terapi ini memakan waktu sekitar 4-6 minggu. Jalan pintas mengatasi kebotakan dengan transplantasi rambut. Caranya dengan mengambil jaringan kulit yang mengandung folikel rambut dari jaringan yang sehat.

Cara Alami Mengatasi Kebotakan 

1. Almond
    Mengandung protein, zat besi dan vitamin E yang melawan kebotakan.
2. Jeruk. 
    Memiliki kandungan vitamin C dapat memerangi kerontokan rambut.
3 Ikan
    Mengandung vitamin A, B-6, protein dan asam lemak, yang menjaga kesehatan rambut.
4 Kedelai
    Zat besinya mampu memproduksi hemoglobin untuk membantu mengalirkan oksigen ke jaringan tubuh.
    Sehingga membantu proses pertumbuhan rambut.

Sekian dulu penjelasan dari saya
Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. Saat ini banyak sekali orang yang mengalami problem rambut rontok. Banyak cara yang mereka lakukan untuk perawatan rambut rontok.

    ReplyDelete